Home / Kehamilan / Apa Tanda Kehamilan Ektopik?

Apa Tanda Kehamilan Ektopik?

Kehamilan ektopik adalah komplikasi yang berbahaya bagi wanita hamil pada khususnya dan untuk semua wanita pada umumnya. Pengenalan dini tanda-tanda kehamilan ektopik juga akan membantu ibu menghindari konsekuensi berbahaya.

1. Apa kehamilan ektopik?

Kehamilan ektopik adalah suatu kondisi di mana plasenta tidak terletak di rahim tetapi terletak di tempat lain di luar rahim, paling sering di tuba falopi, saat ia masuk ke dalam rongga perut, Kesehatan kehamilan ektopik.

Tingkat kehamilan ektopik berkisar antara 4,5 sampai 10,5 per seribu, yang berarti bahwa setiap 1.000 kehamilan akan memiliki antara 4 dan 10 orang yang memiliki kehamilan ektopik. Kehamilan ektopik ruptur cenderung menyebabkan kehamilan ektopik.

2. Posisi Umum Kehamilan ektopik

kehamilan ektopik dapat terjadi di banyak lokasi yang berbeda, seperti di saluran tuba (paling umum), atau di ovarium, bahkan di perut atau di leher rahim. Jika janin berada di dalam tuba falopi, janin berkembang dan melebar (sering menyebabkan rasa sakit di perut bagian bawah), yang bisa menyebabkan kram (perdarahan, diare ). Janin bisa pecah saat bentangan ekstra tuba falopi mengembang, menyebabkan pendarahan hebat di perut. Dalam hal ini, operasi darurat diperlukan untuk menghentikan pendarahan.

Kehamilan ektopik adalah yang paling berbahaya karena sulit untuk didiagnosis sejak dini, menyebabkan banyak kehilangan darah dan puasa di rahim (disebut kehamilan interstisial, janin atau rahim). pecah, yang mempengaruhi kemampuan untuk hamil nanti.

3. Mengapa ibu hamil lebih mungkin terkena kehamilan ektopik?

Ada banyak penyebab kehamilan ektopik yang menyebabkan tubalitis, aborsi dan infeksi pelvis adalah penyebab paling umum. Selain itu, ada penyebab lain seperti tumor seperti kista ovarium, operasi yang sebelumnya dilakukan pada tuba falopi, dll.

4. Konsekuensi berbahaya dari kehamilan ektopik

Kehamilan ektopik bisa meledak setiap saat, saat terjadi perpecahan besar darah di rongga perut, mengakibatkan ancaman keguguran dan keguguran, bahkan jika pasien mungkin terjatuh dan meninggal sebelum sampai di rumah sakit. Jika Anda hidup, itu akan mempengaruhi kesehatan dan masa depan Anda.

5. Tanda kehamilan ektopik

  • Pasien dengan tanda-tanda urin tertunda, tes urine menunjukkan tanda-tanda kehamilan, bahkan mungkin menunjukkan tanda-tanda morning sickness.
  • Perdarahan vagina (berdarah saat hamil)
  • Muncul kemudian, biasanya kurang darah, lebih gelap dan lebih lama. Terkadang perdarahan terjadi di dekat periode menstruasi (siklis), menyebabkan pasien keliru berpikir bahwa dia sedang mengalami gangguan menstruasi atau menstruasi sebaiknya tidak mencari pemeriksaan medis.
  • Sakit perut bagian bawah saat hamil
  • Nyeri perut, biasanya karena peregangan tuba falopi. Pasien sering mengalami diare pada satu sisi daerah perut. Nyeri bisa turun sementara dengan obat nyeri tapi akan terasa sakit lagi setelah obat penghilang rasa sakit kadaluarsa. Jarang, beberapa orang mengalami nyeri di bahu, akibat akumulasi cairan atau darah di perut, yang menyebabkan refleks di saraf perut dan menyebabkan nyeri bahu.
  • Jika ada sakit parah, kulit pucat dan rasa letih atau pingsan adalah tanda bahwa janin pecah, bisa menyebabkan banyak pendarahan di perut, yang sangat berbahaya jika tidak segera diobati.

Akibatnya, saat mulai menunjukkan tanda-tanda kehamilan (noda urin atau tanda morning sickness), wanita tersebut perlu pergi ke fasilitas medis spesialis dan segera dikonsultasikan. Jika ada kecurigaan akan kehamilan ektopik, rawat inap harus dilakukan segera agar dokter memantau, mendiagnosis dan mengobati penyakit segera untuk meminimalkan komplikasi dan meningkatkan fungsinya. reproduksi normal

Tanda-tanda ini mungkin juga membingungkan dengan risiko keguguran atau kondisi lainnya sehingga tidak bisa diandalkan hanya pada diagnosis kehamilan ektopik. Kehamilan ektopik hanya bisa didiagnosis secara akurat melalui ultrasound, laparoskopi.

Anda telah melihat kelainan seperti diatas tandanya ibu harus segera ke dokter. Jika tidak terjadi masalah, pemeriksaan dini akan memberi Anda kesempatan untuk penenganan dengan lebih efektif dan aman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *